Silakan Salat di Masjid Seperti Biasa, yang Penting Selalu Jaga Kebersihan

batam berita utama Kesehatan

OMN MetroNews.Com, BATAM –GUNA mencegah penyebaran wabah virus corona (covid-19), salat Jumat dan salat wajib berjamaah di beberapa daerah lain untuk sementara waktu ditiadakan. Namun di Batam, dinilai belum perlu seperti itu.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Batam, H Amsakar Achmad (HAM) menegaskan rumah ibadah belum jadi zona tertutup bagi jemaah.

“Masjid belum ditutup. Semua rumah ibadah belum sampai tahap harus kita tutup,” ujarnya saat meninjau pembersihan di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Rabu (18/3/2020).

Wakil Walikota Batam ini juga meminta pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah agar tetap melaksanakan ibadah seperti biasa. Baik itu salat lima waktu maupun salat Jumat nanti.

“Salat Jumat kalau saya berpendapat harus tetap dilaksanakan. Kalau masjid sudah bersih, kita sudah wudhu sudah bersih, tak usah risau. Yang penting bagaimana kita menjaga kebersihan,” tuturnya.

BERSIHKAN MASJID SULTAN
Saat bersama rombongan meninjau ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang, HAM mengecek setiap sudut ruangan. Mulai dari pintu masuk, selasar, ruang salat utama, ruang imam, ruang rapat, hingga ruang zakat.

“Kita turun untuk memastikan kebersihannya. Dari ruang salat, ruang aktivitas publik, sudah kami lihat semua. Pengurus sudah melakukan pembersihan dengan disinfektan,” jelasnya.

Sejalan dengan Surat Edaran Wali Kota Batam, pengurus masjid yang baru diresmikan tahun lalu tersebut, HAM juga sudah menggulung sajadah sejak beberapa hari lalu.

Sampai batas waktu yang belum ditentukan, alas salat berupa karpet panjang ini tidak digunakan.

“Daripada setiap hari dibersihkan, disemprot, lebih bagus untuk sementara waktu digulung sampai keadaan normal kembali. Tapi untuk lantai tempat salatnya tiap pagi akan dibersihkan. Jadi jemaah tak perlu khawatir juga,” ujarnya.

Suami Hj Erlita Sari Amsakar ini juga turun untuk memastikan tersedianya cairan sanitasi tangan (hand sanitizer). Dari peninjauan tersebut, tampak pengurus telah menyiapkan botol berisi hand sanitizer di beberapa lokasi. Seperti tempat penitipan barang dan di tiap titik masuk ke ruang salat utama.

“Saya kira standar untuk pencegahan dini sudah dilakukan di masjid ini,” kata dia.

Informasi mengenai upaya pencegahan penyebaran virus corona ini juga telah disampaikan ke seluruh rumah ibadah. Untuk gereja, fokus pembersihan adalah kursi dan sandaran tangan di kursi. ***
______
Sumber: Media Center Pemko Batam