Senin, Bantuan Sembako Tahap II Dibagikan ke Warga Terdampak Covid-19 di Batam

batam berita utama

BATAM, [OMN MetroNews.Com] – GELOMBANG kedua bahan pangan pokok (sembako) untuk warga Batam terdampak corona virus disease (Covid-19) akan mulai dibagikan Senin (11/5/2020). Jumlahnya 284.223 paket.

“Isinya terdiri 10 kilogram beras, 3 liter minyak goreng, dan 1 dus mie instan,” jelasnya saat menjawab wartawan di dataran Engku Putri.

HMR harap bantuan ini bisa dinikmati masyarakat. Namun dia minta bersabar, mengingat pendistribusiannya cukup sulit.

“Kalau ada yang tak punya KTP Batam tetap akan dibantu, asalkan datanya lengkap. Asal punya KTP. Silakan lapor RT atau langsung ke lurah,” sarannya.

Khusus jadwal pendistribusian di tingkat kecamatannya, lanjut HMR, nanti akan segera dibuat.

Namun HMR kembali mengingatkan, bahwa masyarakat penerima bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos), tak lagi bisa mendapatkan bantuan sembako dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Kebijakan tersebut dilakukan guna menghindari masyarakat mendapatkan bantuan dua kali dari pemerintah.

Di antara bantuan pusat tersebut adalah: bantuan pangan non tunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai (BST).

“Karena memang tidak diperbolehkan oleh ketentuan baik SKB Mensos dan Mendagri, Konsultasi Tim dengan BPKP RI, Surat Edaran KPK, maupun Instruksi Walikota Batam,” jelasnya. ***