Presiden Jokowi Resmi Umumkan Dua WNI Positif Terinfeksi Virus Corona di Indonesia

breaking news Kesehatan nasional

OMN MetroNews.Com, JAKARTA – Presiden Jokowi mengumumkan dua orang warga negara Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Senin, 2 Maret 2020. Pengumuman ini menandai kasus pertama yang dikonfirmasi di negara dengan penduduk terpadat keempat di dunia.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa kedua orang itu, yang berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun, telah melakukan kontak langsung dengan seorang warga Jepang yang terinfeksi virus corona saat mengunjungi Indonesia pada awal Februari.

“Ketika kami menerima informasi (tentang warga Jepang), sebuah tim di Indonesia segera melacak dengan siapa warga Jepang itu bertemu,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, seperti dilansir dari The Straitstimes, Senin, (2/3/2020).

“Kami memeriksa dua orang tersebut dan pagi ini saya menerima laporan dari Menteri Kesehatan bahwa mereka dinyatakan positif terkena virus corona,” tambah Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah siap untuk menangani kasus corona (Covid-19) ini.

“Pemerintah telah menyiapkan lebih dari 100 rumah sakit dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kami juga memiliki peralatan yang memenuhi standar internasional,” ungkap Jokowi.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yang juga di Istana Negara mengatakan bahwa kedua orang itu adalah warga Depok, Jawa Barat dan saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI Sulianti Suroso), Jakarta.

Sebelum pengumuman ini, Indonesia tidak memiliki kasus Covid-19 yang telah meningkatkan kekhawatiran tentang kemampuan Negara dalam mendeteksi virus tersebut. (DH/MTD)