Mendikbud Bakal Berikan Subsidi Kuota 50 GB Untuk pembelajaran Daring

berita utama breaking news edu

OMN – JAKARTA || Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan jika pemerintah bakal menyediakan tunjangan pulsa di sektor pendidikan. Tunjangan pulsa ini diberikan kepada siswa, guru, hingga mahasiswa untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi corona.

Hal itu disampaikan dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi X DPR RI, di MPR/DPR RI, Senayan, Kamis (27/8/2020).

Bahkan, ia juga mengaku telah mendapat persetujuan anggaran sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini yang akan dikerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru mahasiswa, dosen selama tiga, empat bulan ke depan.

Namun sangat disayangkan Nadiem sendiri belum merinci kapan tunjangan pulsa akan dicairkan. Ia hanya mengatakan Kemendikbud mendorong agar tunjangan pulsa bagi siswa, dosen, hingga mahasiswa bisa segera cair.

“Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama tiga sampai empat bulan ke depan,” kata Nadiem dalam,” kata Nadiem.

Nadiem menyebut, Subsidi Kuota Internet untuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen bakal diberikan selama September-Desember 2020.”Disetiap bulannya siswa akan mendapat 35 GB per bulan, kemudian guru akan mendapat kuota 42 GB per bulan.

Sementara dosen dan mahasiswa akan mendapat kuota 50 GB per bulan,”tambahnyaSelain itu, Nadiem juga menyediakan tambahan penerima tunjangan sebesar Rp 1,7 triliun.

Dari tunjangan guru, dosen, sampai guru besar.”Kami juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga pendidikan dan tunjangan profesi, dosen dan tunjangan guru besar sebesar Rp 1,7 triliun. Jadi total ini sekitar Rp 9 triliun.”tegasnya